Ganesha Indonesia Tanahampo Melaksanakan Uji Kompetensi Bagi Para Mahasiswa


Karangasem, 15 Juni 2024.

☑  Uji Kompetensi adalah proses penilaian baik teknis maupun non teknis melalui pengumpulan bukti yang relevan untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu. Materi uji kompetensi terdiri atas: (1) Kompetensi teknis; (2) Kompetensi manajerial; dan (3) Kompetensi sosial kultural. Uji kompetensi diselenggarakan melalui metode tes tertulis, tes wawancara dan tes praktek. Uji kompetensi diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) yang diikuti oleh peserta didik dan pelatihan serta warga masyarakat yang belajar mandiri.

Ganesha Indonesia Tanahampo sebagai Kampus Vokasi Engineering Perhotelan yang berlokasi di Desa Manggis Karangasem pada hari Sabtu, 15 Juni 2024 melaksanakan Uji Kompetensi dengan Skema HVAC yang diikuti oleh 10 peserta didiknya.

Pemikiran utama dari sistem sertifikasi kompetensi kerja yaitu dalam rangka menjamin kualitas dan kompetensi tenaga kerja, setelah mengikuti pelatihan kompetensi kerja, tenaga kerja tersebut berhak untuk memperoleh pengakuan kompetensi kerja melalui sertifikat kompetensi kerja. Penilaian kompetensi menguji berbagai keterampilan dan atribut pribadi . Mereka didasarkan pada persyaratan peran tertentu. Model kompetensi berbasis peran memudahkan dalam mencocokkan kandidat yang tepat dengan posisi yang tepat. Uji kompetensi merupakan bagian dari strategi penilaian talenta suatu perusahaan.


Asesor Kompetensi yang menguji adalah Bapak I Gusti Made Sutama Arsa, ST. mengatakan bahwa "Uji kompetensi dapat membantu mahasiswa untuk mengukur sejauh mana penguasaan mereka terhadap materi perkuliahan,". "Selain itu, uji kompetensi juga dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengakuan atas kompetensi yang mereka miliki."


Setelah mereka lulus akan mendapatkan sertifikat dimana Sertifikat kompetensi adalah pengakuan kompetensi atas prestasi mahasiswa yang sesuai dengan keahlian dalam cabang ilmunya, atau memiliki prestasi di luar program studinya yang telah lulus ujian kompetensi. (pgs)


Comments

  1. Selamat dan sukses buat mahasiswa Ganesha Indonesia yang kompeten

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ganesha Publisher sebagai Penerbit Buku ber-ISBN dan Jurnal Ilmiah ber-ISSN

Ganesha Publisher Semarakkan Acara Pameran Merdeka Belajar 2024

Implementasi THK Parhayangan : Ganesha Indonesia Melaksanakan Sembahyang Bersama di Pura Taman Beji - Abiansemal